Monday, April 15, 2019

Beragam Jenis Pendidikan Parenting Di PAUD

Kali ini, saya akan berbicara sedikit tentang jenis program pendidikan pengasuhan yang ditawarkan di Paud. Mungkin dalam hati orang tua bertanya-tanya apa tujuan mengasuh anak? Mengapa kita harus belajar menjadi orang tua? Apa jenis program pengasuhan anak di Paud? Ingin tahu, bukan? Segera, saya akan mengupas dengan tajam seperti pisau cukur hehe ..



Apa tujuan mengasuh anak?


Tujuan utama mengasuh anak adalah mendorong orang tua untuk memberikan pelajaran dan instruksi terbaik kepada anak-anak. Agar orang tua yang baik dapat belajar, temukan sebanyak mungkin informasi dari sumber yang dapat dipercaya, mulai dari media cetak, media massa atau pakar yang: sudah ahli di bidangnya dan mengikuti pelatihan pengasuhan anak di lingkungan Anda.

Kedua, terus perbarui pengetahuan Anda tentang cara mendidik anak-anak. Berkembang untuk berkonsultasi dengan guru anak-anak di sekolah sehingga apa yang Anda pelajari di sekolah dapat dipraktikkan dalam kehidupan keluarga sehari-hari.

Mengapa kita harus belajar menjadi orang tua?


Saya pikir mengasuh anak adalah seni. Bagaimana itu? Ketika Anda ingin melukis objek yang sempurna, Anda harus memiliki seni untuk mengetahui cara melukisnya menjadi lukisan yang bernilai tinggi. Itu sama dengan belajar https://www.catatanpenafitri.com/   mengasuh anak. Selain menjadikan anak-anak baik dan pintar, kita juga membutuhkan ketekunan dan ketulusan.

Dengan belajar tentang menjadi orang tua, kita menjadi sadar bagaimana membesarkan anak-anak, melarang anak-anak tanpa menyinggung mereka, untuk mengetahui apa kebutuhan utama anak-anak, bagaimana cara merawat anak-anak dalam kesulitan, dll.

Sebelum memasuki jenis program pengasuhan Paud. Saya akan berbicara sedikit tentang pendidikan pengasuhan anak itu sendiri? Pendidikan pengasuhan adalah tentang menyatukan minat dan keinginan keluarga dan sekolah untuk menyelaraskan mereka, sehingga semua pendidikan yang dikembangkan di sekolah dapat diikuti di lingkungan rumah / keluarga.

Namun, ini adalah manfaat memiliki pendidikan pengasuhan anak di lingkungan sekolah, yang menciptakan hubungan yang saling menguatkan, saling menguatkan, saling menguatkan, saling menguatkan, saling memperkuat untuk keberhasilan pendidikan anak usia dini. seorang anak.

Apa jenis program pengasuhan anak di Paud?


1. Rapat umum orang tua

Ini adalah pertemuan orang tua dengan sekolah untuk membahas program sekolah terkait dengan bimbingan dan perawatan anak-anak keluarga untuk mengembangkannya secara optimal. Misalnya: gizi dan gizi, kesehatan, pendidikan karakter, penyakit anak-anak, dll.

2. Kelas dasar

Ini adalah pembelajaran bersama antara orang tua dan anak-anak di awal sekolah sebagai bagian dari orientasi dan inisiasi ke kegiatan sekolah (dalam kehidupan sehari-hari, itu disebut MOS).

3. Seminar

Ini adalah kegiatan pengasuhan yang dilakukan dengan mengundang para pemimpin anak atau praktisi / praktisi PAUD, dongeng, psikolog, dll. Mereka semua orang yang kompeten, ahli di bidangnya.

4. Hari konsultasi

Merupakan konsultasi untuk orang tua yang disediakan oleh institusi. Jumlah hari yang disediakan disesuaikan dengan ukuran kasus atau jumlah orang tua yang melakukan konsultasi.

5. Kunjungan lapangan

Ini adalah kunjungan, wisata jalan-jalan atau kunjungan ke tempat-tempat rekreasi atau mendukung kegiatan belajar di sekolah. Kegiatan ini dilakukan dengan orang tua. Misalnya: kunjungan ke museum, kebun binatang, atau tempat-tempat yang sesuai dengan tema pembelajaran.

6. Aktivitas di rumah

Ini adalah kegiatan di rumah yang dibawa ke sekolah, misalnya membuat orang tua tinggal di sekolah, yang dapat berkemah di halaman sekolah jika sekolah tidak dapat menyediakan tempat tinggal.

7. Dapur di situs

Anak-anak belajar memasak, menyajikan makanan dengan bantuan orang tua yang juga bisa ditemani oleh seorang guru.

8. Hari Bazar

Dia mengorganisir bazar sekolah dan tugas anak-anak adalah untuk mempresentasikan / mempresentasikan hasil karya mereka yang dijual kepada orang tua atau masyarakat.

9. Video Pendidikan di Rumah

Ini mengirimkan kegiatan belajar anak-anak di sekolah kepada orang tua dalam bentuk CD / DVD, sehingga mereka dapat dilihat dan dipelajari oleh orang tua di rumah.

Sebelum membuat program pendidikan parenting, yang terbaik adalah mengatur langkah-langkah program pendidikan parenting, yang berisi:

a. Mengidentifikasi kebutuhan orang tua

Setiap orang tua memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda untuk anak-anak mereka yang bersekolah. Ada orang tua yang ingin anak-anak mereka membaca cepat, yang lain ingin anak-anak mereka pandai berhitung, yang lain ingin anak-anak mereka pandai menari dan bernyanyi serta keinginan orang tua lainnya.

Oleh karena itu, ini merupakan pertanyaan untuk mengidentifikasi kebutuhan orang tua agar dapat mengembangkan mereka dan mendefinisikan mereka dalam program sekolah.

b) Membentuk komite orang tua yang melibatkan komite sekolah

Komite program pengasuhan dibentuk dengan melibatkan semua komite sekolah sehingga program pengasuhan yang akan dikembangkan dapat benar-benar menghubungkan kebutuhan orang tua dengan kebutuhan lembaga sekolah. Komite Program Parenting dibentuk dengan pengaturan yang jelas sebagai sebuah organisasi, yang terdiri dari seorang Presiden, seorang Sekretaris, seorang Bendahara, dan kemudian Bagian.

c. Lakukan pekerjaan

Setelah mengorganisir komite untuk program pengasuhan anak dengan struktur organisasi yang jelas, setiap tugas menyiapkan deskripsi pekerjaan untuk setiap bagian dan bagian.

d. Atur kalender kegiatan

Selain penyusunan program, juga mengatur jadwal kegiatan yang jelas dan terperinci dimulai dengan waktu, tempat, jumlah pertemuan, dll.

e) Identifikasi mitra potensial dan dukungan

Dengan pengembangan program pengasuhan anak, perlu untuk memiliki kemitraan dengan individu seperti pemimpin, tokoh masyarakat, profesional seperti dokter dan praktisi kesehatan, psikolog, ahli gizi, praktisi dari sekolah / PAUD, layanan pendidikan, dll.

f. Melaksanakan program sesuai dengan agenda

Program dan program berikut ini adalah referensi untuk melakukan kegiatan di lapangan. Jika ada perubahan dalam program kegiatan, perlu menyiapkan kegiatan alternatif jika terjadi hambatan di lapangan.

g. Lakukan evaluasi dan kesepakatan bersama

Setiap implementasi kegiatan membutuhkan evaluasi, untuk menghindari kesalahan dan untuk menentukan kelemahan atau kelemahan dari program yang diselesaikan, sehingga tidak akan ada lagi kesalahan dalam implementasi suatu program. . Selain itu, ketika mengimplementasikan program ini, diperlukan komitmen bersama antara semua komponen.

Kegiatan pengasuhan ini harus dilakukan dengan merencanakan program kegiatan yang matang. Alangkah baiknya jika program ini telah disiapkan dan direncanakan oleh tim panitia, yang juga melibatkan orang tua dan sekolah sebagai pelaksana.

Karena program ini adalah cara untuk mengembangkan pendidikan anak agar dapat melakukan semua tugas perkembangan anak dengan benar. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment